Kurma Manis Diapresiasi Dewan

Jumat, 21 April 2023

Anggota DPRD Kota Pekanbaru Zulkarnain

siarancoid- Program Kunjungan Rumah Masyarakat Hidup Sehat (Kurma Manis) Pemko Pekanbaru yang agendanya itu selama cuti Lebaran Idul Fitri 1444 H, mendapat dukungan penuh dari legislator di Gedung Payung Sekaki DPRD Pekanbaru.

Dikatakan, bahwa program ini bagian dari upaya Pemko melalui Diskes Pekanbaru jemput bola ke rumah warga, dalam hal pelayanan kesehatan.

Anggota Komisi III DPRD Pekanbaru Zulkarnain SE MSi mengharapkan, agar program ini berjalan lancar, terutama layanan on call yang disiapkan Diskes ke nomor pengaduannya, di 0851-0731-1234 atau emergency call di 112.

Program ini harus tepat sasaran. Artinya, kalangan masyarakat ekonomi menengah ke bawah, yang lebih prioritas mendapatkan program ini.

"Ini sangat bagus bagi masyarakat. Kita harapkan berjalan dengan baik, sampai ke sasaran masyarakat yang membutuhkan. Tidak hanya seremonial saja," kata Zulkarnain, Rabu (19/4/2023).

Ditegaskan juga bahwa program ini merupakan bagian dari program nasional JKN KIS (Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat), yang dicanangkan Presiden Jokowi.

Sebab, selain bisa melayani masyarakat, juga pemerintah bisa mengetahui penyakit apa saja yang diderita masyarakat, termasuk adanya gejala penyakit yang baru muncul. Setelah itu, lakukan pendataan di setiap kecamatan.

"Tapi ini juga harus bisa kita pastikan, masyarakat mana yang harus dilayani. Prioritasnya tentu masyarakat Kota Pekanbaru. Tapi itu tadi, kita minta harus benar-benar sampai ke masyarakat program ini. Diskes harus memastikan itu ke Puskesmas dan sejenisnya," harapnya.

Zulkarnain berharap, agar selama cuti Lebaran ini, Diskes Pekanbaru bersama perangkatnya, bisa menjalankan dengan maksimal. Sehingga apa yang dicita-citakan Pj Wali Kota Pekanbaru Muflihun, terealisasi, dan masyarakat merasa dilayani program Kurma Manis ini.

Kepala Diskes Pekanbaru dr Zaini Rizaldy Saragih mengatakan, bahwa program ini berjalan dan, layanan akan tetap beroperasi selama 24 jam, meski cuti Lebaran.

"Jadi, program ini kami bisa langsung ke rumah warga mengobati warga yang sakit. Jika sakitnya parah, kami rujuk ke rumah sakit. Program ini pengobatan bisa dibayar dengan BPJS. Silakan warga menghubungi kami," janjinya.

Lebih lanjut disampaikan, selama cuti Lebaran ini, semua Puskesmas buka 24 jam. Tujuannya agar bisa melayani masyarakat.

Karenanya, agar program ini benar-benar berjalan dengan baik, warga telepon saja nomor layanan 0851-0731-1234 atau 112. ''Tidak perlu malu ataupun sungkan,'' tuturnya.*