Mengenal Sosok Calon DPD RI, Arif Eka Saputra

Rabu, 11 Oktober 2023

Arif Eka Saputra

siarancoid - Sosok Arif Eka Saputra memang cukup dikenal masyarakat di 12 Kabupaten/Kota se Provinsi Riau.

Pria kelahiran Pekanbaru 23 September 1975 silam ini merupakan Putra pertama dari lima bersaudara dan berasal dari keluarga yang sederhana.

Sang Ayah (Nazarudin) berprofesi sebagai pegawai biasa disalah satu Hotel hingga akhir masa pensiunnya dan sang Ibu Arma (Alm) merupakan seorang guru SMP.

Arif menamatkan pendidikan Sekolah Dasar di SDN 01 Senapelan, kemudian SMPN 1 dan SMAN 6 (sekarang SMAN 8 Pekanbaru) hingga memutuskan untuk masuk perguruan tinggi di Universitas Riau jurusan Perikanan dan Kelautan.

Arif semasa kecil memang sudah terbiasa menjadi penanggungjawab atas keempat adiknya. Ayah dan Ibu berangkat kerja dari pagi hingga petang, kerap membuat Arif mengurungkan diri untuk bermain layaknya anak lainnya.

"Alhamdulillah kerja keras orang tua saya mampu memberikan pendidikan kepada kami anaknya disekolah Negeri hingga tamat kuliah, " cerita Arif.

Dalam memulai usaha, Arif mengatakan, dia merintis usaha dari berjualan pulsa, kesing handphone. "Ceritanya itu, dulu kerap ditipu dan sering merugi, tapi alhamdulillah tetap bertahan dengan modal yang sedikit," kata Arif mengingat-ingat masa dulunya sambil ketawa.

Pria pecinta alam dan memiliki hobi naik gunung semasa kuliah ini juga menceritakan awal mula ia bisa menjadi salah satu pengusaha Advertising terkemuka di Riau, dan dikenal secara nasional.

Berawal dari menjadi tim sukses untuk pemenangan Kepala Daerah, Arif ditugaskan untuk menyiapkan alat peraga kampanye (APK). Lantas Ia melihat peluang besar dengan berbisnis penyediaan APK  tersebut.

"Saya berfikir daripada orang lain yang mencetak kebutuhan APK calon kepala daerah, lebih baik saya sendiri saja yang menjadi penyedianya. Kita kumpulkan modal sama teman-teman, lalu mulai menerima orderan kecil-kecilan, dan namanya usaha tentu pernah juga mengalami kerugian," ungkapnya.

Namun dengan kegigihan serta kerja keras yang diturunkan kedua orang tua, Arif tidak patah semangat dalam menekuni usahanya tersebut, hingga ia menerima tawaran bekerjasama oleh beberapa operator kartu selular untuk jasa periklanan.

Kepercayaan dan tanggungjawab yang dijaga Arif kepada konsumen, membuat dia dipercaya untuk bekerjasama diluar Sumatera dan memiliki cabang hingga ke pulau Jawa, Kalimantan dan Bali.

Terkait niatan Arif Eka Saputra yang maju sebagai Calon Anggota DPD RI daerah pemilihan Riau pada Pemilu Legislatif 2024 mendatang, dan kini tahapannya sudah dinyatakan oleh KPU RI sebagai Daftar Calon Tetap (DCT) ia mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada pihak-pihak yang mengantarkannya sampai pada tahap ini.

Dalam kesempatan ini, Dia pun mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Riau, di seluruh penjuru hingga ke pelosok yang telah memberikan dukungan moril dan materil secara tulus kepadanya. Dari 12 Kabupaten Kota, 172 Kecamatan, dan 1862  Desa/Kelurahan. "Itu semua sudah saya datangi langsung, dan siap mendukung, " katanya.

Untuk dukungan lainnya, disampaikan Arif sampai saat ini terus bertambah. "Sekali lagi saya ucapkan terima kasih sebesar-besarnya," sebut Arif.

Arif juga memohon maaf apabila belum bisa menjawab semua panggilan dari rekan-rekannya untuk memenuhi undangannya. *