Kanal

Japnas Riau Siapkan Program Kerja Dukung Pemerintah

siarancoid - Bangkit bergerak dan bersinergi mewujudkan raksasa ekonomi baru menuju Indonesia emas, adalah tema yang diangkat pada Musyawarah Nasional (Munas) I Jaringan Pengusaha Nasional (Japnas) 2022.

Ketua Japnas Riau Arif Eka Saputra, melalui rilisnya, menyatakan siap mendukung pemerintah percepatan pertumbuhan ekonomi secara nasional. 

Hal ini di sampaikannya sempena helat Musyawarah Nasional I Japnas 2022, yang berlangsung sejak 24-26 Agustus di Ritz Carlton Pacific Place, Jakarta. Secara resmi dan secara virtual dibuka oleh Wakil Presiden (Wapres) Maaruf Amin, dari Istana Merdeka Jakarta. 

"Dari hasil Munas I ini kami sudah siapkan program-program yang ril mendukung pemerintah untuk merealisasikan tema Munas yang kami usung, bangkit bersinergi, " kata Arif, Jumat (26/8/2022). 

Pembukaan Munas I ini dilaksanakan Rabu (24/8/2022). Munas tersebut, mendapatkan dukungan dari berbagai kalangan, dan ada juga masukan yang konstruksional, semuanya masuk ke dalam program strategis Japnas. 

"Hal ini sesuai juga sesuai dengan tema HUT RI ke 77 Kemerdekaan RI, yaitu pulih lebih cepat bangkit lebih kuat. Dan bangkit bersinergi, " paparnya lagi. 

Ditegaskan juga, bahwa semua rekomendasi pemerintah dalam Munas I, tentunya sesuai dengan program kerja prioritas Japnas secara komprehensif. Terutama dalam mewujudkan Indonesia secara umum, menjadi raksasa ekonomi baru menuju Indonesia emas. 

Masih keterangan dari Arif, Japnas akan selalu membantu pemerintah, dalam penguatan usaha di berbagai sektor. Baik berbasis syariah di daerah, penguatan kapasitas UMKM, yang muaranya mendukung Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.

"Kami akan selalu siap  merangkul semua pihak, demi mewujudkan tujuan hakiki ekonomi Indonesia bangkit," ungkapnya. 

Saat ini, program yang dijalankan Japnas Riau, fokus pada program-program yang ril, yang memberi kemanfaatan untuk para anggota. Kegiatan tersebut di antaranya, bussines matching, bussines mapping, penggalian potensi daerah, dan mampu menjembatani kolaborasi dan sinergi bisnis. 

"Jadi, apa yang diharapkan Pak Wapres Maaruf Amin sudah kita jalankan. Terutama menjadi penggerak aktivitas ekonomi, untuk menciptakan lapangan kerja yang lebih luas bagi masyarakat," ungkapnya. 

Ditegaskannya lagi, Japnas secara organisasi, terutama Japnas Riau, mengharapkan kolaborasi dan sinergitas dari pemerintah daerah. Sehingga apa yang sudah digariskan, bisa berjalan dan memberi pemanfaatan terhadap ekonomi masyarakat. 

"Kami juga memastikan diri berpartisipasi dalam perhelatan G20 dan program pemerintah lainnya," katanya. 

Menuju Indonesia Emas
Pembukaan Munas I Japnas 2022 mengusung tema bangkit, bergerak, dan bersinergi mewujudkan raksasa ekonomi baru menuju Indonesia emas, Wapres Maaruf Amin meminta melalui kegiatan ini, menjadi inspirasi bagi Japnas, dalam membantu penguatan usaha berbasis syariah di berbagai daerah. 

Wapres meminta Japnas mendukung penguatan UMKM guna mendukung Indonesia sebagai pusat produsen halal dunia.

"Saya mengajak para pengusaha dapat merangkul dan melibatkan usaha mikro dan kecil (UMK) dalam aktivitas usahanya, agar UMK meningkat daya saingnya," kata Wapres.

Ikuti Terus Riaupower

BERITA TERKAIT

BERITA TERPOPULER